Sabtu, 26 Februari 2011

Skuter Unik Yamaha yang Ramah Lingkungan

Skuter Unik Yamaha yang Ramah Lingkungan


Skuter matik elektrik EC-f Yamaha, mengurangi pemakaian mobil di perkotaan dan menurunkan CO2.
Produsen motor asal Jepang, Yamaha, masih memproduksi motor berbahan bakar fosil untuk dipasarkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hal itu tidak berarti bahwa Yamaha hanya fokus pada jenis bahan bakar tersebut dan tidak mengembangkan teknologi lain yang lebih ramah lingkungan.
Dalam pameran berbagai jenis kendaraan bermesin yang belum lama ini diadakan diJepang dengan label Tokyo Motor Show, Yamaha memperkenalkan motor hasil pengembangannya yang berjenis skuter. Skuter tersebut memang sangat berbeda dengan desain dan teknologi yang dibuat untuk sepeda motor-sepeda motor produksinya yang masih menggunakan mesin bakar.
Sekilas memang terkesan seperti mainan ketimbang skuter sebenarnya, tetapi teknologi yang diusungnya adalah teknologi ramah lingkungan. Yamaha menyebutnya dengan EC-f, sebuah skuter matic yang menggunakan baterai lithium ion dan motor listrik berdaya 0,6 kWh. EC-f sendiri dikembangkan dari skuter listrik sebelumnya, yaitu EC 03. Karena menggunakan motor listrik sebagai penggerak dan baterai sebagai sumber tenaganya, maka kali ini untuk mengurangi beban berat yang biasanya berasal dari rangka yang terbuat dari besi ataupun baja, Yamaha menggunakan aluminium sebagai alternatifnya.
Meski hanya terbuat dari aluminium, tampaknya Yamaha serius memfokuskan desain rangkanya yang bisa dibilang tidak biasa. Lengan ayun tunggal yang masing-masing menghubungkan roda depan dan belakang dibuat besar untuk mampu menahan beban besar pada saat melewati jalan tidak rata dan bergelombang. Selain itu, untuk pengisian ulang baterainya, EC-f dilengkapi dengan plug-in charger yang dipasangkan pada rangka.
Skuter tersebut didesain khusus agar mampu membujuk dan mengajak orang-orang untuk kembali menggunakan motor ketimbang mobil guna berangkat kerja maupun pulang ke kantornya alias commuter dan mengurangi emisi CO2 di perkotaan. Untuk mendukung pemakaian skuter matik tersebut, Yamaha juga bekerja sama dengan berbagai pabrikan-pabrikan lain untuk bersama-sama mendukung penyediaan lahan parkir gratis bagi sepeda motor dan skuter dan ijin untuk mengembangkan motor dengan kapasitas mesin 125cc

0 komentar:

Posting Komentar